Jumat, 25 Januari 2013

Kapal Latih







Di tulis oleh : Musdhiki

KAPAL LATIH


Kapal latih KM Permata Bahari 2 SMKN 1 Mundu dirancang sebagai Kapal Latih yang sederhana oleh operatornya agar mudah dalam perawatan dan penggunaannya, tetapi tidak mengurangi kopetensi sebagai perwira di Kapal. Agar Kapal dapat digunakan sebagai sarana Praktek siswa maka harus ada perawatan yang rutin maupun periodik. Perawatan bangunan kapal, mesin mesin, alat navigasi, alat tangkap memerlukan biaya yang mahal. Dengan GT 23 Kapal latih dengan panjang 15 meter lebar 4,8 meter draf 80 cm, kapal ini dapat digunakan dalam satu rombongan belajar. Kapal latih ini digerakan dengan mesin induk Mitsubishi D16 dengan 6 silinder. Selain mesin induk juga ada mesin Genset ( Listrik ) dan mesin Winch ( Penarik) dan mesin Line huler untuk alat tangkap pancing long line. Kapal ini dilengkapi dengan alat tangkap Gill net, Bubu ikan/rajungan, Trawl/dogol dan long line. Untuk menghemat anggaran perawatan kapal,  Nakhoda kadang merangkap KKM ,Kepala Dek dan Juru masak.


Kapal ini mempunyai kecepatan 7 mil per jam atau antara 12 KM perjam. Kapal ini dibuat pada tahun 1994 dengan bahan dari kayu tembesi dan jati. Kedepannya kapal ini akan dilengkapi mesin pendingin sebagai sarana belajar jurusan TKPI di kapal latih. Fasilitas yang ada dikapal diantaranya Ruang anjungan kapal sebagai ruangan untuk belajar mengemudikan kapal / latihan penguasaan alat alat Navigasi kapal, Dapur, Toilet, Ruang mesin sarana belajar siswa dan lain lain. Pendidikannya Mengacu pada IMO ( International Maritim Organitation ) Model Course dan STCW .


Agar usia kapal panjang umur maka kapal harus dilakukan perawatan di antaranya :


Perawatan Harian : Membersihkan kapal, mengontrol /mengecek tali tambat,dapra kapal , got-got kapal dan memanaskan mesin mesin kapal


Perawatan Bulanan : Pemakalan kapal, Pengecatan kapal tiap 4 bulan, pelapisan fiber glass yang bocor, Pengelasan reling pagar kapal yang rusak akobat benturan dengan kapal , penggantian oli mesin , penggantian tali kipas kapal, penggantian saringan solar/oli, perbaikan alat tangkap, pembersihan tritip di lambung kapal,  penggantian paking seal mesin dan AS propeller baling baling kapal dan lain lain.


Perawatan Tahunan : Doking Kapal yaitu perbaikan besar bangunan kapal dan mesin kapal di atas galangan kapal. Kapal di tarik ke Darat, dibersikan dari atas sampai bawah, kalau ada kayu yang rusak pada bagian bawah air harus diganti, Perawatan baling baling kapal, Pengecatan seluruh bangunan kapal, mesin di bongkar , kelep mesin di sekir, paking paking mesin yang bocor diganti, saluran pendingin mesin air laut di bersihkan, oli mesin induk diganti, oli gear box diganti , kayu kayu yang lapuk diganti.



Perawatan kapal memang mahal tapi hasil praktek pendidikan yang berkwalitas akan memperoleh siswa yang handal dan mempunyai kedudukan diatas kapal sebagai perwira atau nakhoda. Jika mereka jadi pimpinan di atas kapal di dalam negeri atau luar negeri maka dampaknya mereka ikut menggerakan perekonomian dengan mebawa perbekalan kapal dari dalam negeri.Sehingga target Devisa diatas 10 milyar dolar US dari sektor kelautan dapat tercapai 3 tahun mendatang.


Sebelum berangkat kelaut dengan kapal latih KM Permata Bahari 2 SMKN 1 Mundu Cirebon mereka di bekali dengan beberapa kopetensi di antaranya :
1.Mampu perencanakan pelayaran kapal ke fishing Ground di peta laut baik dengan manual jangka peta ataupun dengan alat navigasi elektronik, seperti GPS, Radar dan lain lain.
2.Mampu membawa kapal dengan benar dengan mengikuti aturan undang undang pelayaran / P2TL 72 dan SOLAS dari IMO.
3.Memahami perawatan kapal
4.Mengetahui dan memahami tanggung jawab tiap individu masing masing sehingga dapat bekerja sama yang sinergi sesama awak kapal
5.Melatih keselamatan dan bertahan hidup dikapal.



Salah satu peta yang digunakan untuk praktek merencanakan pelayaran



Salah satu alat navigasi GPS untuk menentukan  keberadaan posisi kapal dengan satelit


Alat Komunikasi radio di kapal latih 




Alat Navigasi radar untuk mendeteksi jarak dan rah baringan kapal di sekeliling kapal




RDF adalah radio untuk mendeteksi frekwesi radio di sekitar kita khusus untuk frekwesi radio bouy. Sehingga pencarian ujung alat tangkap cepat ditemukan dengan demikian biaya dan tenaga lebih efisien.  Gambar RDF tersebut berarti pancaran gelombang radio di 1785 kiloHz posisi ada di depan kapal dengan petunjuk jarum merah yang bergerak secara otomatis kearah radio Bouy.
 

 

Gambar radio Bouy untuk latihan di kapal latih KM Permata Bahari 2 SMKN 1 Mundu

 






Sextan untuk mengukur sudut baringan, dengan mengetahui sudut benda yang di baring. kita dapat mengetahui posisi kapal secara manual apabila alat navigasi elektronik ada masalah/kerusakan yang dipadukan dengan buku daftar pelayaran .




Kompas untuk mengetahui arah utara dan selatan di kapal dan haluan kapal

Barometer aneoroid /barograph untuk mengukur tekanan udara . dengan mengetahui tekanan udara badai yang akan menuju kapal dapat di prediksi.

Clinometer alat untuk mengukur stabilitas kapal agar kondisi stabilitas kapal tetap terjaga

Gyro Kompas alat untuk mengetahui arah utara selatan sejati yang menggunakan energy listrik
Sonar alat pendeteksi benda benda di bawah kapal jarak jangkauan 800 meter kebawah dan samping.
 
perawatan kapal rutin
Dengan Perawatan yang Rutin walaupun usia kapal sudah 19 tahun kondisi kapal masih dalam keadaan baik.

Mesin utama kapal latih yang sedang di perbaiki
 
Kotak Pertolangan Pertama pada Kecilakaan di kapal yang dibawa kapal saat praktek

Guru guru sedang praktek gunakan bubu

Praktek malam hari menggunakan trawl /pukat mini


Taruna tingkat II  sedang praktek Ilmu pelayaran, Alat alat Navigasi, Olah Gerak Kapal, Penangkapan ikan, Penanganan Ikan, Biologi Perikanan Meterologi maritime , Undang undang perikanan dan pelayaran di KM Permata 
 





Sedang Praktek alat GPS ( Global Position System ). Radar, Echo Souder, Radio Komunikasi, RDF 

Bergembira Praktek Sudah selesai











Tidak ada komentar:

Posting Komentar